PENDAHULUAN

Saudara mahasiswa, matakuliah Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut (MMPI5104) merupakan salah satu matakuliah wajib bagi Anda pada semester I Program Magister Manajemen Perikanan. Matakuliah ini memberikan pengetahuan tentang perlunya pengelolaan wilayah pesisir dan laut, karakteristik, struktur dan dinamika ekosistem pesisir dan laut, rencana pengelolaan perikanan dan wilayah pesisir, teknik dasar perencanaan pesisir dan laut, valuasi ekonomi sumberdaya pesisir dan laut.

Materi yang diberikan pada program web suplemen ini merupakan suplemen/pelengkap dari materi yang telah diuraikan dalam Buku Materi Pokok (BMP).  Materi yang disampaikan belum banyak diuraikan dalam BMP dan diharapkan dapat lebih mempermudah Anda dalam mempelajari materi matakuliah tersebut.  Materi web suplemen ini ditekankan pada pengetahuan tentang kekhasan ekosistem laut berikut dengan pengelolaannya. Setelah mempelajari WEB suplemen ini  Anda sebagai mahasiswa S2 Magister Manajemen Perikanan Program Pascasarjana UT diharapkan mampu menjelaskan konsep-konsep utama dalam pengelolaan wilayah pesisir dan laut di Indonesia. Lebih khusus lagi, setelah mempelajari  program web suplemen ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan tentang:

1. Ekosistem estuaria
2. Ekosistem mangrove
3. Ekosistem padang lamun
4. Ekosistem terumbu karang

Suplemen matakuliah Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut ini berisi 4 topik utama, yaitu yang berhubungan dengan kekayaan laut Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan dan kemakmuran kita semua. Kelima topik utama tersebut adalah sebagai berikut.
1.    Ekosistem Estuaria
2.
      Ekosistem Mangrove
3.
      Ekosistem Padang Lamun
4.
      Ekosistem Terumbu Karang

 

Selamat belajar, semoga sukses !